DAFTAR ISI
1. Hardware
4. Listing Program [Kembali]
#include
<liquidcrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS =
4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS =
3; //Deklarasi jumlah kolom
char
keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'}, //Inisialisasi
keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS]
= {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS]
= {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang
digunakan untuk kolom
// Inisialisasi
library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal
lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad =
Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode
dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan
dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi
pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input
dari keypad pada LCD
}
}
|
5. Analisa [kembali]
Pin pada LCD dihubungkan ke arduino dan penampil LCD. Prinsip kerja dari LCD yaitu LCD terdiri dari 14 pin yang dinama 7 pin nya digunakan untuk data dalam bentuk bit yang nanti 7 pin tersebut di hubungkan di arduino dan dari arduino perintah tersebut di proses dan dikirim ke LCD untuk di tampilkan oleh LCD. Pada Listing program arduino kita menginputkan library lcd dan library keypad terlebih dahulu agar dapat dihubungkan ke arduino nantinya. Setelah itu kita deklarasi kan kolom dan baris yang digunakan nanti nya pada keypad dan keluaran pada keypad tersebut. Setelah itu deklarasikan pin yang digunakan sebagai baris dan kolom pada keypad begitu juga dengan LCD. Setelah itu masukan kode untuk membaca keypad dan menampilkan keypad pada program arduino.
6. Video [kembali]
Download HTML Download
Download Video Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar